Sumatrea Barat

|

Sekarang saya akan menceritakan tanah kelahiran kedua otang tua saya yaitu Sumatera Barat. Ada beberapa yang menarik dari Sumatera Barat yaitu, tempat wisata, makanan khas, adat-istiadat. Yang pertama tempat wisata ada banyak tempat wisata yang ada di Sumatera Barat  seperti Jam Gadang, Kebun binatang, lubang jepang, ngarai sianok yang ada di Bukit Tinggi. lembah anai yang ada di padang panjang, ada juga tempat sejarah yaitu batu malin kundang yang ada di daerah pantai air manis, Padang. Di Sumatrea Barat juga mempunyai 3 danau. Danau maninjau (Batang tabiak, payukumbuh), Danau Kembar (alahan panjang), Danau singkarak (solok). Makanan Khas dari Sumatra Barat  juga banyak yang paling terkenal seperti rendang, sate padang, gulai, gazeboh, asam padeh, cincang dll. Oleh-oleh dari Sumatera Barat kripik balado, sanjay, kipang kacang, bilih, lamang tapai, lompong sagu, dll. Selain itu ada juga adat-istiadat, datuak-datuak, niak-mamak. Disetiap daerah di indonesia juga mempunyai adat pernikahan di Sumatera Barat pun juga ada, saat pernikahan berlangsung biasanya ada malam bainai (malam pingitan), memakai suntiang diatas kepala dan tirai 7 lapis. Yang paling terkenal dari Sumatera Barat adalah Rumah gadang di pagaruyuan, batu sangka. Sekian dari saya itulah yang saya ketahui tentang Sumatera Barat jika ada kekuranga atau kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan tolong perbaiki terimakasih

NB : gambar menyusul

0 komentar: