oleh-oleh khas Sumatera Barat 1

|

Jika kita berpergian kesuatu tempat pasti tidak akan lupa dengan oleh-oleh jika hendak pulang. Di Sumatera Barat ada oleh-oleh yang wajib dibeli oleh saya jika pulang ke Jakarta.



1. Kue Basung
       Kue yang satu ini merupakan kue tradisional
yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula merah, garam dan air. Dilihat dari bahannya saja sudah sangat mudah ditemui, begitu juga dengan cara membuatnya.Sedangkan untuk cetakkannya terbuat dari dari daun pisang yang dibentuk sedimikian rupa sehingga berbentuk kerucut.

2. Karak Kaliang
       Oleh-oleh yang satu ini saya tidak lewatkan. Jika berkunjung ke Bukittinggi, Karak Kaliang adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ubi. Tepung ubi didapat dari olahan Ubi Singkong yang kemudian dipilih dan diparut.





3. Arai Pinang
        Rasanya yang gurih, renyah, serta beraroma minyak kelapa, membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan




4. Kacang Tojin
           Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Cemilan yang wajib ada disetiap lebaran Idul Fitri ini tergolong sangat mudah mengolahnya. Kacang Tojin. Rasanya yang gurih serta renyah dikarenakan kacang yang digoreng dicampur dengan bawang goreng serta tidak lupa sedikit irisan daun saledri yang juga telah digoreng sebelumnya.





5. Sala Lauak
          Makanan yang berbentuk bulat seperti bakso ini tetapi tidak diberi kuah, melainkan digoreng sampai kering, membuatnya cocok untuk jadi bahan cemilan. Sala Lauak, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi Sala Ikan. Sala Lauak berasal dari Pariaman, sangat mudah didapat, terutama dipasar atau tempat rekreasi. Biasanya makanan yang berbahan dasar tepung beras ini disajikan ditempat menjual Lontong Sayur, soalnya sangat cocok sekali disantap. Kuah lontong yang gurih bercampur dengan kriuh kulit Sala Lauak yang sedikit asin menjadikan lontong sayur terasa nikmat disantap.




0 komentar: